Kata Benda Jamak Invariant

Nouns

Kata benda [nouns] mengacu kepada orang, tempat, benda, peristiwa, substansi atau kualitas.

Kata benda invariant [invariant nouns] adalah kata benda yang memiliki bentuk sama baik untuk tunggal atau jamak.

Kata benda invariant tidak mengikuti aturan umum untuk pembentukan kata benda jamak. Bentuk kata benda ini selalu sama baik untuk tunggal maupun jamak. Ketika kata benda memiliki bentuk tunggal dan jamak yang sama, artikel akan menyesuaikan dengan kata tersebut, tapi jika kata benda tersebut hanya memiliki bentuk tunggal, kita tidak menambahkan akhiran -s pada kata benda.

Kata benda jamak invariant yang paling sering digunakan adalah: clothesfireworks, glassesgoggles, jeansoutskirtsscissors, series, thankstrousers

Menambahkan kata a pair of sebelum kata benda tersebut akan membuat kata benda dimaksud menjadi kata benda tunggal karena kita menganggap mereka sebagai satu entitas.

  • Kata benda invariant dalam bentuk tunggal
    • A pair of scissors is on the office desk.
    • This advertisement is about a new series.
    • Your old pair of goggles is used in the musical.
  • Kata benda invariant dalam bentuk jamak
    • Scissors are dangerous for babies.
    • New TV series about famous writers are going to start.
    • These goggles cost a fortune!

Kata benda jamak invariant digunakan sama seperti kata benda jamak. Kata benda ini digunakan untuk mengacu pada sejumlah kata benda yang tidak dapat dihitung atau satu entitas tunggal, sesuatu yang disusun atas lebih satu bagian (objek yang terbagi tapi dianggap sebagai satu kesatuan: scissors, trousers, glasses…).

Kata benda invariant [invariant nouns] adalah kata benda yang memiliki penulisan yang sama untuk bentuk tunggal dan bentuk jamak, dan kita perlu menggunakan artikel yang tepat untuk dapat membedakannya. Kata benda invariant tidak mengikuti aturan umum pembentukan kata benda jamak.

Kata benda jamak invariant yang paling sering digunakan: clothesfireworks, glasses, jeansscissorsthankstrousers

Contoh:
— “I bought a pair of jeans.” / “I bought two pairs of jeans.” = Kita menggunakan bentuk kata yang sama untuk tunggal dan jamak.
— “My dad bought new trousers.” / “My dad bought a new trouser.” = Trousers hanya memiliki bentuk jamak.

Revisi kembali pelajaran ini di bagian {Form}. Perhatikan bagian {Example} tentang cara penggunaannya dalam sebuah konteks kalimat.

License

English Grammar A2 Level for Indonesian speakers Copyright © 2018 by books4languages. All Rights Reserved.

Share This Book