Unit 4.1

Kata Sandang Tak Tentu

Determiners

Kata sandang [articles] adalah kata yang menjelaskan kata benda dan termasuk dalam kelompok kata penentu [determiners]. Pada dasarnya terdapat dua jenis kata sandang: kata sandang tak tentu [indefinite] dan tertentu [definite].

Kita menggunakan kata sandang tak tentu [indefinite articles] untuk menjelaskan hal yang tidak spesifik atau bersifat umum.

Kata sandang tak tentu diletakkan sebelum kata sifat dan frase kata benda. Kita menggunakannya sebelum kata benda tunggal.

Terdapat dua kata sandang tak tentu a/an dan pemilihannya berdasarkan huruf pertama dari kata yang mengikutinya (konsonan atau vokal).

A: ketika kata yang mengikuti diawali dengan sebuah konsonan (b, c, d, f, g, j, k…).

An: ketika kata yang mengikuti diawali dengan sebuah vokal (a, e, i, o, u) atau h yang tidak dilafalkan.

  • I am a doctor.
    I am an engineer.
  • She has got a pear.
    She has got an apple.
  • We saw a huge elephant in the street.
    We saw an elephant in the street.

Kata sandang tak tentu mengacu kepada benda yang bersifat umum atau tidak spesifik (yang tidak disebutkan sebelumnya) atau tidak dikenal oleh pembicara dan lawan bicara. Kata sandang ini hanya dapat digunakan dengan kata benda tunggal yang dapat dihitung. Kita juga dapat menggunakannya untuk membicarakan pekerjaan atau profesi.

Kata sandang tak tentu [indefinite article] (a/an) adalah kata penentu dan digunakan untuk mengekspresikan benda yang tidak spesifik atau bersifat umum. Kata sandang ini diletakkan sebelum kata benda tunggal atau kata sifat.

  • A ketika kata benda atau kata sifat diawali dengan sebuah konsonan.
  • An ketika kata benda atau kata sifat diawali dengan sebuah vokal atau h yang tidak dilafalkan.

Contoh:
— “There’s a tourism office around the corner.” = Kita menggunakan a sebelum kata yang diawali dengan  t- (konsonan).
— “There’s an information office around the corner.” = Kita menggunakan an sebelum kata yang diawali dengan i- (vokal).

Kita menggunakan kata sandang tak tentu untuk mengekspresikan sesuatu yang bersifat umum dan belum pernah disebutkan sebelumnya.

♦ “The information office around the corner” = Kita menggunakan kata sandang tertentu [definite article] (the) karena kita mengetahui hal yang sedang kita bicarakan.

Revisi kembali pelajaran ini di bagian {Form}. Perhatikan bagian {Example} tentang cara penggunaannya dalam sebuah konteks kalimat.

License

English Grammar A1 Level for Indonesian speakers Copyright © 2018 by books4languages. All Rights Reserved.

Share This Book