Unit 9.2

Kata Ganti Kepemilikan

Pronouns

Kata ganti [pronouns] adalah kata yang digunakan untuk menghindari pengulangan kata benda.

Kata ganti kepemilikan [possessive pronouns] adalah kata penentu yang digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu benda merupakan milik seseorang.

Kata ganti kepemilikan digunakan untuk menggantikan sebuah kata benda. Kita tidak menggunakan kata sandang dan kata penentu lainnya di depan kata ganti.

Bentuk kata ganti kepemilikan adalah:

Subject PronounsPossesive Pronouns
IMine
YouYours
HeHis
SheHers
ItIts
WeOurs
YouYours
TheyTheirs
  • It is not her sandwich, it’s mine.
  • This is hers.
  • His house is big, but ours is small.

Kita menggunakan kata ganti kepemilikan untuk menunjukkan bahwa suatu benda merupakan milik seseorang dan juga untuk menghindari pengulangan kata benda itu sendiri.

Kata ganti kepemilikan [possessive pronouns] digunakan untuk menunjukkan kepemilikan seseorang (atau hewan) atas suatu benda. Kata ganti ini dapat dibedakan berdasarkan jenis kelamin dan jumlah, dan berfungsi menggantikan kata benda itu sendiri untuk menghindari pengulangan kata.

Bentuk kata benda kepemilikan adalah: mine, yours, his, hers, its, ours, yours, dan theirs.

Contoh:
— “It is not her sandwich, it’s mine.” = kata mine menggantikan elemen lain dari kalimat tersebut (kata mine di sini adalah kata ganti kepemilikan).
♦ “It is not her sandwich, it’s my sandwich.” = Her/my menunjukkan elemen lain dari kalimat tersebut (kedua kata tersebut adalah kata sifat kepemilikan).

CATATAN: Kita tidak menggunakan kata penentu di depan kata ganti.

Revisi kembali pelajaran ini di bagian {Form}. Perhatikan bagian {Example} tentang cara penggunaannya dalam sebuah konteks kalimat.

License

English Grammar A1 Level for Indonesian speakers Copyright © 2018 by books4languages. All Rights Reserved.

Share This Book