Unit 3.1

Kata Benda yang Dapat Dihitung dan Tidak Dapat Dihitung

Nouns

Kata benda [nouns} mengacu kepada orang, tempat, benda, peristiwa, substansi atau kualitas.

Kata benda yang dapat dihitung [countable nouns] adalah kata benda yang dianggap sebagai objek terpisah yang dapat dihitung dengan angka.

Kata benda yang tidak dapat dihitung [uncountable nouns] mengacu kepada benda yang kita anggap sebagai satuan massa, dan bukan objek terpisah.

Tidak ada aturan baku untuk pembentukan kata benda yang dapat dihitung dan tidak dapat dihitung.

Kata benda yang dapat dihitung

Kata benda yang dapat dihitung memiliki bentuk tunggal dan jamak. Mereka dapat digunakan bersama dengan kata sandang tak tentu [indefinite articles] (a/an) dan angka.

Kata benda yang tidak dapat dihitung

Kata benda yang tidak dapat dihitung tidak dapat digunakan bersama dengan kata sandang tak tentu [indefinite article] (a/an) atau angka. Mereka memiliki:

  • Hanya bentuk tunggal yang tidak dapat dibentuk menjadi jamak (advicebaggage, information, energy, furniture, homework, money…);
  • Hanya bentuk jamak yang tidak dapat dibentuk menjadi tunggal (the Spanishnews, groceries, clothes, thanks, regards…).

Kata benda yang dapat dihitung

  • I have a dog at home.
  • He is so rich that he owns five houses.
  • We want to play a tennis match.

Kata benda yang tidak dapat dihitung

  • His advice was very important. / His advices were very important.
  • There is information in this guide. / There are informations in this guide.
  • I have some news about Bulgaria. / I have a new about Bulgaria.

Kata benda yang dapat dihitung digunakan sebagai benda terpisah dan dapat dihitung dengan angka.

Kata benda yang tidak dapat dihitung adalah objek yang dianggap sebagai suatu massa dan tidak dapat dipisah (kata tentang cuaca, cairan, materi atau benda abstrak).

Kata benda yang dapat dihitung [countable nouns] mengacu kepada benda terpisah yang dapat dihitung dengan angka. Mereka dapat digunakan bersama dengan kata sandang tak tentu [indefinite article] (a/an).

Kata benda yang tidak dapat dihitung [uncountable nouns] mengacu kepada benda abstrak yang memiliki massa dan tidak dapat dipisah. Mereka tidak dapat digunakan bersama dengan kata sandang tak tentu [indefinite article] (a/an) dan umumnya hanya memiliki bentuk tunggal tanpa bentuk jamak, atau bentuk jamak tanpa bentuk tunggal.

Contoh:
— “There is a mobile phone on the table.” = Mobile phone adalah benda tunggal yang dapat dihitung, oleh karena itu kita menggunakan artikel a.
— “There are two mobile phones on the table.” = Mobile phones are benda jamak yang dapat dihitung, oleh karena itu kita dapat menghitungnya dengan angka dua [two].
— “My teacher bought furniture for her house. / “My teacher bought furnitures for her house.“= Furniture adalah benda tunggal yang tidak dapat dihitung dan tidak memiliki bentuk jamak.
— “The police catch killers.” / “The police catches killers.” = The police adalah benda jamak yang tidak dapat dihitung dan tidak memiliki bentuk tunggal.

Revisi kembali pelajaran ini di bagian {Form}. Perhatikan bagian {Example} tentang cara penggunaannya dalam sebuah konteks kalimat.

License

English Grammar A1 Level for Indonesian speakers Copyright © 2018 by books4languages. All Rights Reserved.

Share This Book