Unit 9.1

Kata Sifat Penunjuk

Determiners

Kata sifat [adjectives] adalah kata penentu yang dapat diletakkan pada dua posisi berbeda dalam sebuah kalimat untuk mengubah atau mendeskripsikan seseorang atau suatu benda.

Kata sifat penunjuk [demonstrative adjectives] digunakan untuk memposisikan dan mengidentifikasi letak suatu benda.

Kata sifat penunjuk diletakkan di depan kata benda dan berfungsi untuk memperkenalkan benda tersebut. Kita tidak menggunakan kata sandang dan kata penentu lainnya di depan kata sifat penunjuk. Bentuk kata sifat penunjuk antara lain adalah:

Singular Plural
Near This These
Far That Those
  • Terletak dekat dengan pembicara
    • This car belongs to my father (tunggal).
    • These shoes are too big for me (jamak).
  • Terletak jauh dari pembicara
    • That boy is from Turkey (tunggal).
    • Those boxes over there are very heavy (jamak).

Kata sifat penunjuk digunakan untuk memposisikan sebuah benda dan mengetahui keberadaan letak benda tersebut dari si pembicara.

  • Dekat dengan si pembicara: kita menggunakan this (tunggal) dan these (jamak) untuk benda dan orang yang berada dekat dengan si pembicara (di sini).
  • Jauh dari si pembicara: kita menggunakan that (tunggal) dan those (jamak) untuk benda dan orang yang berada jauh (di sana).

CATATAN: Kata sifat penunjuk termasuk kata penentu, akan tetapi di dalam kamus dan buku tata bahasa Inggris, mereka sering dianggap sebagai kata sifat.

Kata sifat penunjuk [demonstrative adjectives] diletakkan di depan kata benda dan dipakai untuk menggambarkan posisi suatu benda dan jaraknya dari si pembicara:

  • Dekat: untuk benda tunggal gunakan this, untuk benda jamak gunakan these.
  • Jauh: untuk benda tunggal gunakan that, untuk benda jamak gunakan those.

Contoh:
— “This apple pie is delicious!” = Pai apel tersebut berada dekat si pembicara.
— “These apples are delicious!” = Apel-apel tersebut berada dekat si pembicara.
— “That apple pie looks delicious!” = Pai apel tersebut berada jauh dari si pembicara.
— “Those apples look delicious!” = Apel-apel tersebut berada jauh dari si pembicara.

Kata sifat penunjuk tidak sama dengan kata ganti penunjuk yang digunakan untuk menggantikan kata benda dan menghindari pengulangan kata. Meskipun keduanya memiliki penulisan yang sama, namun mereka memiliki fungsi yang berbeda dalam sebuah kalimat.

Contoh:
— “This apple pie seems delicious!” = Kita menggunakan kata sifat penunjuk this untuk menunjukkan letak pie apel tersebut dan memperkenalkan kata benda dimaksud.
♦ “This seems delicious!” = Kita menggunakan kata ganti penunjuk this untuk menunjukkan letak jarak suatu benda dan untuk menghindari pengulangan kata benda.

CATATAN: Kita tidak menggunakan kata penentu di depan kata sifat penentu karena kata sifat penentu sendiri sudah tergolong kata penentu.

Revisi kembali pelajaran di bagian {Form}. Perhatikan bagian {Example} tentang cara penggunaannya dalam sebuah konteks kalimat.

License

English Grammar A1 Level for Indonesian speakers Copyright © 2018 by books4languages. All Rights Reserved.

Share This Book